Toyota Motor Manufacturing Indonesia

05 December 2015

Peningkatan Kualitas SDM melalui kegiatan Kaizen Festival

Quality Improvement through Kaizen Festival

Kaizen Festival 2015

Di era globalisasi ini kesadaran konsumen akan kualitas semakin tinggi. Hanya produk yang berkualitas tinggi yang dapat diterima oleh pasar. Sebuah produk berkualitas ditentukan oleh tiga aspek yaitu kualitas produk (Quality), harga jual produk (Cost), dan ketersediaan produk (Delivery) atau disingkat dengan QCD.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melalui Toyota Manufacturers Club (TM-Club) mengadopsi Quality Control Circle (QCC) untuk diterapkan kepada seluruh supplier/vendor. Berbagai program dan kegiatan telah dijalankan dalam rangka penerapan QCC, dengan harapan mampu meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, sehingga pada akhirnya mampu bersaing di pasaran. Salah satu kegiatan yang diadakan setiap tahunnya yaitu Kaizen Festival. Pada tahun 2015, Kaizen Festival diadakan pada tanggal 5 Desember  bertempat di Menara 165, Cilandak Jakarta dan diikuti oleh 41 perusahaan.

Kaizen Festival merupakan kegiatan dari lingkup supplier/vendor Toyota yang bernaung dibawah TM-Club serta menggelar karya-karya Group QCC/SS  terbaik dari masing-masing supplier/vendor. Acara yang diselenggarakan oleh TM-Club ini, bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengevaluasi program QCC secara keseluruhan; Memberikan motivasi bagi supplier/vendor dengan memberikan penghargaan; Mendorong terwujudnya hubungan industrial yang dinamis antara Toyota, supplier /vendor dan karyawan.

Di dalam aktivitas QCC, seluruh aset yang dimiliki perusahaan terutama Sumber Daya Manusia (SDM), didayagunakan secara lebih baik, untuk meningkatkan mutu dan produktivitas, nilai tambah serta meningkatkan keuntungan semua pihak termasuk perusahaan, karyawan dan konsumen. Dengan penerapan QCC melalui aktivitas di TM-Club inilah, supplier/vendor senantiasa melakukan perbaikan kualitas yang berkelanjutan sehingga produk yang dihasilkan mampu mencapai kualitas yang lebih baik.

Dengan adanya Kaizen Festival ini, diharapkan dapat berkesinambungan sehingga efisiensi, produktivitas dan peningkatan daya saing dapat tercapai secara optimal.