Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Toyota di Indonesia diwakili oleh dua anak perusahaan yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM). Sebagai anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation yang berpusat di Jepang, TMMIN berperan sebagai produsen dan pengekspor produk dan suku cadang Toyota, sedangkan TAM berperan sebagai agen pemegang merek, importir dan distributor produk Toyota

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

Selama lima dekade, TMMIN memiliki peranan penting dalam perkembangan industri otomotif di Indonesia serta membuka peluang kerja bagi industri pendukungnya. Saat ini, TMMIN memiliki lima pabrik yang telah beroperasi di Sunter dan Karawang.

Nama Perusahaan TMMIN TAM
Area Bisnis

Produksi Mobil & Komponen

Ekspor Mobil & Komponen

Distribusi Kendaraan

Distribusi Suku Cadang

Pemegang Saham

Toyota Motor Corporation

Astra International

Astra International

Toyota Motor Corporation

Presiden Komisaris

Yoichi Miyazaki

Djony Bunarto

Presiden Direktur

Warih Andang Tjahjono

Susumu Matsuda

*as January 2021

RINGKASAN PERFORMA TMMINSAMPAI TAHUN 2020

TMMIN Vehicles Production

Kumulatif Produksi Kendaraan

3,800,000

TMMIN Engine Production

Kumulatif Unit
Produksi

2,300,000

TMMIN Total Employee

Kumulatif Ekspor Kendaraan Merek T

1,800,000

Profil Perusahaan

Kami memproduksi barang dengan tingkat presisi sempurna agar hasilnya berkualitas tinggi (zero deffect), sesuai dengan salah satu landasan konsep Toyota dalam memproduksi, yakni Built In Quality.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) adalah sebuah perusahaan yang telah berkiprah selama 50 tahun di Indonesia. TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan ekspor di kawasan Asia Pasifik, bukan hanya ingin menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar, tetapi juga ingin mengembangkan potensi anak bangsa khususnya dalam bidang manufaktur, sehingga Indonesia mampu untuk memproduksi mobil sendiri sekaligus menjadi pengekspor produknya ke mancanegara. TMMIN menyadari bahwa arti penting dari keberadaannya di Indonesia adalah untuk dapat tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

Toyota terus berusaha untuk memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia, melalui penguatan daya saing internasional. Upaya yang telah Toyota Indonesia lakukan diantaranya dengan memperluas basis produksi di Indonesia dengan investasi baru yang pada akhirnya akan membuka peluang kerja baru bagi ribuan masyarakat Indonesia, mengembangkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia melalui ‘alih teknologi’ dan mempromosikan lokalisasi untuk memperkuat  jaringan dengan mitra bisnis lokal sekaligus memperkuat industri otomotif di Indonesia.

Kode Etik

Kami yakin dengan mengimplementasikan Prinsip Panduan dalam operasional kami, TMMIN akan berhasil memenuhi kontribusi yang diharapkan terhadap pembangunan berkelanjutan.

Oleh karena itu, sebagaimana tercantum dalam Prinsip Panduan dan kertas penjelasan, kami harus memenuhi undang-undang dan peraturan lokal, nasional, dan internasional, termasuk semangatnya, dan bertindak dengan penuh rendah hati, kejujuran dan integritas.

Eksistensi TMMIN di mata masyarakat telah sangat jauh meningkat dan undang-undang dan peraturan baru telah dibuat, seperti perlindungan data pribadi. Atas pertimbangan ini, kami telah merevisi "Kode Etik Toyota" untuk mengkomunikasikan pendekatan mendasar yang diperlukan untuk menginspirasi kepercayaan berkelanjutan di TMMIN, menghargai dan mematuhi undang-undang, serta untuk menjaga kejujuran dan integritas.

Sustainability Report 2020

Toyota Indonesia senantiasa mengkaji konten pelaporan agar dapat menjaga relevansinya serta memastikan bahwa laporan keberlanjutan telah memuat data dan informasi terkini terkait hal-hal yang disampaikan.

Laporan Keberlanjutan Toyota Indonesia 2020 menyampaikan informasi kinerja Toyota Indonesia
pada aspek-aspek keberlanjutan selama kurun waktu 1 Januari hingga 31 Desember 2019.
Laporan ini merupakan laporan keberlanjutan tahun ketiga yang ditrebitkan oleh Toyota Indonesia dan untuk ke depannya
Toyota Indonesia berkomitmen untuk terus menerbitkan laporan sejenis tiap tahunnya.


TUJUAN EKSPOR KAMI

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah berhasil menjadi perusahaan manufaktur kelas dunia yang berlokasi di Indonesia.

TMMIN Export Destination

Toyota mengekspor CBU, Komponen, Perangkat Servis ke lebih dari

80

NEGARA